Suara Starter Mobil Truk
Suara Starter Mobil Truk - https://urllie.com/2tqW7b
\"Kalau suara mobil di starter itu ada 3 jenis. Pertama, suara starter panjang dan mesin tetap tidak hidup itu rata-rata karena bensin habis atau enggak pompa bensinnya rusak,\" ujar Boy saat ditemui GridOto.com di bengkelnya, Sabtu (19/5/2018).
\"Kedua itu suara starternya agak pendek, biasanya dinamo starter atau aki lemah. Ketiga, kalau tidak ada suara sama sekali itu bisa jadi aki sudah tidak ada daya dan harus diganti,\" lanjutnya seraya menjelaskan.
Seperti diketahui, dinamo starter pada mobil adalah salah satu komponen mesin kendaraan yang berfungsi memutar mesin pertama kali. Dinamo akan mengubah energi listrik menjadi energi gerak untuk memutar crankshaft mesin atau poros mesin melalui flywheel.
Jika dinamo starter rusak, dampaknya bisa menghambat mobilitas Sahabat. Sebab, mobil jadi tak bisa nyala, memicu kerusakan komponen lain, sampai mati mendadak di tengah jalan. Tentu hal itu sangat merepotkan bukan Sebetulnya masalah ini mudah ditangani asalkan Sahabat tahu komponen mana saja yang mulai lemah.
Bunyi gemeretak ini muncul akibat tidak terkaitnya gigi pada gear pinion dengan gigi pada ring gear mesin. Ketika dua gear pada dinamo starter itu rusak atau aus, maka akan menimbulkan suara gemeretak. Kalau suaranya makin keras, berarti kerusakan sudah dalam tahap yang cukup parah.
Jika ada reaksi dari dinamo starter maka hal itu bisa jadi pertanda kalau dinamo starternya rusak. Kemungkinan penyebab dinamo starter mobil rusak karena putusnya sekring pada dinamo. Sekring yang putus menandakan bahwa ada jalur kelistrikan yang mengalami korsleting atau hangus terbakar. Kondisi tersebut juga memicu carbon brush dan gulungan tembaganya yang juga ikut terbakar.
Masalah lain yang timbul dan salah satu ciri kalau dinamo starter mobil rusak adalah aki atau baterai yang lemah bahkan soak. Hal itu berdampak pada sistem starter mobil yang lemah dan tidak memacu sistem perapian.
Kondisi ini cukup mudah dikenali lantaran saat menyalakan mobil, bakal muncul suara starter yang putus-putus. Itu pertanda kalau voltasenya tidak cukup dan merupakan ciri dinamo starter sedang lemah. Coba cek akinya, karena bisa jadi sambungan baterai kotor, korslet, habis atau longgar.
Untuk dapat menggerakkan keempat piston mobil, dinamo starter menghasilkan daya yang besar. Untuk itu komponen harus terpasang kuat. Selain itu, dinamo starter terikat kuat pada mesin dengan baut khusus. Jika baut longgar, mesin akan mengeluarkan bunyi saat dihidupkan.
Jika mobil tidak bisa distarter dan berbunyi tek tek, mungkin Anda dapat mengecek engine mounting terlebih dahulu. Engine mounting adalah komponen yang berfungsi sebagai dudukan mesin agar posisinya stabil di dalam ruang mesin.
Penyebab munculnya bunyi yang terakhir adalah oli. Pada mesin mobil yang lama tidak dihidupkan, oli akan mengumpul di bagian carter atau oil pan. Akibatnya, bagian atas mesin pun mengalami kekeringan oli. Mobil dalam kondisi seperti ini akan sulit distarter dan mengeluarkan bunyi.
Bunyi tersebut dihasilkan oleh mekanisme katup yang bekerja tanpa pelumasan secara baik. Namun, untuk permasalahan seperti ini cukup tunggu hingga oli naik, lalu coba starter kembali. Jika mobil hidup dan bunyi tektek tidak terdengar lagi, bisa dipastikan penyebabnya adalah karena oli belum naik.
Bagi para pengguna mobil, dinamo starter memiliki peran yang vital, sebab dapat membantu efisiensi saat menghidupkan mobil. Oleh sebab itu, OtoFriends bisa mengetahui ciri-ciri dinamo starter mobil yang rusak.
Bagian dinamo starter mobil yang rusak sebetulnya sangat mudah untuk dideteksi, karena ada berbagai tanda atau ciri ciri yang menjadi indikasi yang akurat. Oleh sebab itu, berikut ciri-ciri dinamo starter mobil rusak.
Ciri pertama pada dinamo starter yang rusak adalah mesin sulit distarter dalam keadaan panas, atau baru dipakai. Ketika mobil dibiarkan terparkir dalam waktu yang cukup lama atau mesin dingin, maka mesin akan lebih mudah untuk dinyalakan dan mesin tidak akan menunjukkan gejala apapun.
Mesin mengeluarkan suara dengung, juga bisa menjadi ciri-ciri dinamo starter mobil rusak. Hal ini bisa disebabkan oleh arus listrik tidak mampu menuju solenoid untuk menggerakkan pinion gear dan flywheel.
Ketika Anda menemukan dua gear pada dinamo starter itu rusak atau aus, tentu akan menimbulkan suara yang gemeretak. Pada saat suaranya semakin keras, itu tandanya kerusakan yang terjadi sudah sangat parah.
Faktor lain yang sering terjadi yaitu munculnya suara yang sangat mendesing ketika mobil distarter atau mulai dihidupkan. Biasanya bunyi yang mendesing akan terjadi saat bearing one way yang ada di bagian pinion gear mengalami kerusakan.
Kemungkinan lain juga bisa disebabkan rangkaian terbuka (open circuit) pada starter mobil kalian. Penyebab lainnya bisa juga dikarenakan sambungan (terminal) yang mengalami korosi (biasanya sambungan aki) yang menghalau arus listrik untuk mencapai mesin starter atau sistem lainnya.
Masalah lain yang timbul yang menunjukkan ciri-ciri dinamo starter mobil rusak bisa dikarenakan aki atau baterai lemah, bahkan benar-benar mati. Dampaknya menyebabkan starter jadi lambat dan tidak mengangkat sistem pengapian.
Ketika Anda mendapati bahwa starter mobil tidak berfungsi dengan baik, namun bagian lampu indikator pada dashboard menyala dan berkedip, maka ada beberapa langkah penting yang perlu dilakukan untuk memperbaikinya.
Sementara itu, penyebab dinamo starter mobil berat dan rusak bisa dikarenakan carbon brush dinamo starter yang sudah habis, aki mobil atau dinamo yang dipaksa untuk bekerja lebih keras. Berikut ini penjelasan masing-masing penyebabnya.
Carbon brush merupakan komponen mobil di bagian dinamo starter. Saat komponen ini habis atau rusak, maka putaran dinamo jadi lebih lemah dan menimbulkan suara yang kurang nyaman sewaktu mobil distarter. Saat menemukan gejala tersebut, OtoFriends bisa segera memeriksa carbon brush apakah sudah waktunya diganti atau belum.
Aki mobil memiliki peran vital dalam mendukung sistem kelistrikan pada mobil supaya bisa beroperasi dengan benar. Namun, bila aki mobil kurang berfungsi dengan baik maka suplai listrik di dalam mobil dari aki menuju dinamo mobil jadi kurang maksimal. Sejalan dengan itu, maka dinamo starter jadi kurang berfungsi dengan baik.
Penyebab yang terakhir adalah saat kita memaksakan dinamo starter untuk bekerja maksimal padahal sudah jelas bahwa berkali-kali dinyalakan tetap saja mobil tidak menyala. Saat berada pada situasi di mana dinamo sudah distarter tetapi mesin belum mau menyala maka diamkan dulu beberapa saat sampai dinamo starter dingin kembali lalu coba kembali untuk menyalakan.
Pasalnya, bila kita terus memaksakan dinamo starter yang tidak mau menyala tersebut mana kondisi komponen ini akan panas dan berpotensi membakar komponen lain yang berada di sekitarnya. Kalau sudah begitu, maka bukan dinamo starter saja yang rusak melainkan komponen mobil lainnya ikut rusak.
Relay starter mobil merupakan komponen pada sistem kelistrikan mobil yang berfungsi sebagai pendukung kerja dinamo starter dengan cara mengamankan dan sebagai saklar elektromagnetik untuk mengaktifkan dinamo starter sehingga dinamo bisa menyalakan mesin mobil.
Setelah menemukan ciri dinamo starter motor rusak dan memperbaikinya namun mobil masih belum mau menyala. Maka mungkin saja kerusakan sudah menyambar hingga relay starter mobil. Saat dinamo starter tidak memberikan reaksi setelah kunci kontak dinyalakan, maka itu merupakan gejala bahwa relay rusak.
Ciri-ciri selanjutnya adalah tidak ditemukannya arus listrik atau sambungan arus listrik pada mobil. Karena relay starter termasuk ke dalam sistem kelistrikan mobil, maka saat sistem ini tak bisa beroperasi maka bisa jadi relay starter yang menjadi penyebabnya.
Ciri relay starter rusak yang terakhir adalah body relay yang sudah menggelembung. Untuk mengeceknya, kita perlu membuka langsung kotak relay yang bentuknya mirip saklar. Apabila kotak tersebut menggelembung dan berwarna hitam serta terlihat seperti habis terbakar, maka relay starter mobil rusak. Kondisi ini terjadi karena relay overheating.
Setelah dilakukan pengecekan, ternyata dinamo starter mobil perlu diganti, maka segera ganti dan beli dinamo starter baru. Untuk perbandingan harga, berikut ini harga dinamo starter mobil dari berbagai merek.
Akan tetapi, bila ternyata kita tak perlu mengganti dinamo starter mobil dengan yang baru karena performanya masih cukup bagus, maka OtoFriends bisa memperbaikinya di bengkel mobil terdekat atau bengkel spesialis dinamo mobil.
Biaya perbaikan dinamo starter mobil pun beragam mulai dari Rp400 ribu untuk tingkat kerusakan dinamo yang ringan. Sedangkan untuk dinamo starter yang memiliki tingkat kerusakan terparah maka biayanya bisa mencapai Rp1 juta.
KETIKA mobil tidak bisa distarter dan terdengar bunyi tek tek, ini disebabkan dari beberapa hal yang terkait dengan komponen mobil. Dengan mengetahui sumber masalah dari mobil yang tidak bisa distarter ini, Anda jadi bisa melakukan perhitungan berapa kira-kira biaya yang dihabiskan untuk melakukan perbaikan.Biasanya yang tidak mengerti mesin, ketika mobil distarter bunyi tek tek pasti menganggap kerusakan ada di aki mobil. Ketika sudah mengganti aki ternyata masih sulit distarter, baru menyadari bahwa kerusakan bukan di aki. googletag.cmd.push(function() { googletag.display(\"div-gpt-ad-1510661249458-0\"); });Namun, penyebab mobil yang sulit untuk distarter kecenderungannya akan muncul suara tek tek. Munculnya suara ini menjadi pertanda bahwa ada kerusakan pada salah satu sistem mesin atau kelistrikannya.Baca juga: 4 Masalah Sering Dialami Mobil Usai Dibawa Liburan, Begini Cara MengatasinyaSetidaknya ada 7 penyebab mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek yang perlu Anda ketahui sebagaimana dilansir dari laman resmi Suzuki, Kamis (13/1/2022) :1. Cek Dinamo Starter HalPertama yang harus diperhatikan adalah dinamo starter. Komponen ini bertugas untuk memutar poros engkol mesin dengan bantuan baterai atau aki.Dinamo starter terikat kuat pada mesin dengan ba